Analisis tata kelola pemerntahan yang baik
- Bagaimanakah system pelayanan public yang diterapkan pemerintah Indonesia saat ini ?
- Apakah anda menilai Indonesia sudah layak disebut sebagai pemerintahan dengan karakteristik good governance?
- Bagaimana tingkat partisipasi dan kesadaran masyarakat Indonesia dalam mendukung terwujudnya good governance?
- Bagaimana membangun kesadaran masyarakat dalam mendukung tewujudnya good governance?
- Apakah hambatan dalam mewujudkan pemerintahan dengan karakteristik good governance di Indonesia?
Kondisi sistem pelayanan publik yang diterapkan pemerintah sudah profesional, artinya pelayanan publik yang dicirikan oleh adanya akuntabilitas dan responsibilitas dari pemberi layanan. Karenanya birokrasi publik berkewajiban dan bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang baik dan profesional.
Belum layak, karena masih banyak ditemukan kecurangan dan kebocoran dalam pengelolaan anggaran dan akuntansi yang merupakan produk utama Good Governance.
Tingkat partisipasi masih sedang, artinya sebagian ada yang acuh tak acuh dan tak memedulikan aturan yang sudah ditetapkan pemerintah. Sebagian lagi mendukung dan mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan pemerintah.
Salah satu cara dengan meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam pemerintahan, dimulai dari tingkat individu, meningkat kepada kelompok, dan kemudian menuju pada inovasi organisasional.
Salah satunnya yaitu, masalah korupsi dalam pemerintahan. Sehingga, tidak terciptanya keseimbangan yang harmonis masyarakat dengan pemerintah. Tindakan tersebut merupakan wujud dari adanya hambatan bagi upaya menciptakan good governance.
Komentar
Posting Komentar